Friday, January 6, 2017

Apa Itu Watermark Dan Pentingnya Watermark

Apa Itu Watermark Dan Pentingnya Watermark Bagi Fotografher | www.kaharsan.com

Jika kawan-kawan ada yang belum tau watermark itu apa, kali ini aku akan jelaskan tentang watermark, apa pentingnya watermark, dan bagaimana cara membuatnya. Jika kawan-kawan lihat foto di atas, kawan-kawan mungkin sudah bisa menebak yang mana watermark.

Yaaaap, watermat foto di atas terletak di bagian pojok kanan atas yang ada tulisan kaharsan.com.

Apa itu watermark?
Kalau menurut aku simpelnya matermark yaitu Cap atau Tanda atau Label yang kita buat, bertujuan untuk memberikan informasi tertentu atau agar foto-foto yang telah kita ambil tidak di akui orang lain.

Watermark itu banyak kalau gak salah. Seperti kalau di kamera itu ada watermark untuk tanggal, bisa juga watermark lokasi, watermak tahun, dan masih banyak lagi. Intinya watermark itu untuk memberikan informasi tertentu dalam sebuah gambar atau produk.

Watermark bisa sebagai branding, promosi, dan yang lebih penting perlindungan terhadap karya.
Branding bisa sebagai merek kawan-kawan. Misalnya ketika ada orang yang melihat watermark kawan-kawan di foto yang orang lain upload, orang itu pasti sudah tau siapa pemiliknya

Kemudian Promosi, jika ada pengusaha atau orang yang tertarik ketika melihat foto kawan-kawan dan ingin difoto, secara tidak langsung kawan-kawan telah mempromosikan diri dengan keahlian yang dimiliki.

Perlindungan, nah ini yang paling penting, dengan adanya watermark, orang-orang yang ingin mengaku-ngaku karya kawan-kawan jadi hilang niatnya karena telah di pasang watermark. (kecuali emang yang nekat sih)

Dulu aku juga malas memasang watermark. Tapi ternanya foto-fotoku diakui oleh orang lain. Contohnya seperti di bawah ini.
Foto Di Akui Orang Apa Itu Watermark Dan Pentingnya Watermark Bagi Fotografher | www.kaharsan.com

Foto ini aku ambil ketika ada orang menyuruhku untuk mengambil gambar di acara ulang tahun pacarnya. Gambar di atas di sensor ya yang upload, karena orang yang mengupload foto itu sudah minta maaf. 

Ternyata dia tidak tau kalau itu foto hasil jepretanku. Kasusnya simpel, foto-foto yang ada di memori kameraku, aku kasihkan semua kepada orang yang menyuruhku memotret saat ulang tahun. Ternyata cewek tersebut menyuruh untuk mengedit fotonya kepada temannya yang juga fotografher. Dan terjadilah seperti gambar yang di atas.

Kesalahanku cuma satu, tidak memberikan watermark pada foto.

Nih bukti kalau itu fotoku. :)
Bukti Foto Apa Itu Watermark Dan Pentingnya Watermark Bagi Fotografher | www.kaharsan.com

Mungkin ada kawan-kawan di sini juga senasib dengan ku. Tulis di komentar aja ya pengalamannya foto di akui orang. he.

Kontakku:

Instagram: @kaharsan
Facebook: kaharsan
Twitter: @kaharsan_km
Youtube: kaharsan km

Memikirkan sesuatu dengan serius dan sangat menikmati kesendirian. Yuk berteman di sosial mediaku.


Pakai Ini VrohPakai Ini Vroh