Wednesday, January 4, 2017

Bagian dan Fungsi Kamera Di Semua Canon DSLR

Bagian dan Fungsi Kamera Canon EOS 600D | kaharsan.com

Halo Sobat sekalian. Pernah kebingungan saat pertama kali memegang Kamera DSLR? Kalau pernah, bararti sama seperti saya. Dulu saya juga kebingungan saat pertama kali menggunakan Kamera DSLR.

Baca juga:
Apa Itu USM STM IS pada Lensa Canon
Teknik Terbaik Memegang Kamera Yang Baik Dan Benar
Posisi Vertikal Dan Horizontal Dalam Foto
Apa Itu Watermark Dan Pentingnya Watermark
Mode-Mode Kamera DSLR
Apa itu ISO Shutter Speed Dan Aperture

Nah sekarang saya udah lumayan bisa mengoperasikan Kamera DSLR. Maka dari itu saya akan berbagi sedikit ilmu saya kepada Sobat sekalian tentang Bagian dan Fungsi Pada Kamera DSLR.

Sebenarnya hampir semua Kamera jenis Canon DSLR memiliki bagian dan fungsi yang hampir sama. Tapi pada artikel ini saya memberikan contoh pada Kamera Canon 600D. Tidak masalah jika Kamera DSLR yang Sobat pakai berbeda. Karena pada dasarnya bagian dan fungsinya hampir sama.

atas Bagian dan Fungsi Kamera Di Semua Canon DSLR - kaharsan


1. Tombol Shutter adalah tombol untuk mengambil gambar. Buat Sobat yang baru belajar, cara menggunakannya cukup mudah. Jika sobat menggunakan Auto Fokus (Baca no 22 tentang Tombol Fokus) Tekan sedikit untuk mencari Fokus, setelah itu tekan lebih kuat untuk mengambil gambar. Tapi buat sobat yang menggunakan Manual Fokus. Cukup tekan sedikit sudah dapat mengambil gambar. Tetapi untuk pemula, saya sarankan jangan dulu menggunakan manual fokus. (Sobat bisa lihat di No 22 Untuk mengaktifkan Auto Fokus atau Manual Fokus, dan No 20 Untuk mengatur tingkat Fokus)

2. Main-Dial adalah tombol navigasi seperti tombol atas, bawah, kiri, kanan. Namun tombol ini biasanya untuk mengatur Shutter Speed, ISO, Aperture secara cepat.

3. Tombol Display adalah tombol untuk membuat layar Sobat ke keadaan Standby. Tapi Sobat tetap dapat mengambil gambar, meskipun dalam keadaan layar Standby. Pada keadaan tertentu, biasanya saya suka matikan layar pada kamera dengan menggunakan Tombol Display ini.

4. Tombol ISO adalah tombol tercepat untuk mengatur ISO. Saat Sobat memilih ISO 100, itu artinya hasil gambar akan gelap. ISO 100 (ISO rendah) ini biasa di gunakan saat keadaan terlalu terang atau siang hari. Sedangkan kalau Sobat memilih ISO 3200 (ISO tinggi), itu artinya hasil gambar akan terang. ISO tinggi biasanya untuk keadaan malam hari yang sedikit cahaya. Mudahnya adalah semakin rendah Sobat memilih ISO, semakin sedikit cahaya yang masuk. Sedangkan semakin tinggi Sobat memilih ISO, semakin banyak cahaya yang masuk. Lebih mudahnya lagi buat Sobat yang pertama kali belajar menggunakan kamera ISO Rendah untuk siang, ISO Tinggi untuk malam.

5. Mode-Dial adalah tombol untuk memilih mode pemotretan yang akan Sobat pakai. Pada Kamera Canon biasanya terdapat Mode A-DEP (Auto Depth-of-field AE), M (Manual exposure), Av (Aperture priority AE), Tv (Shutter priority AE), P (Program AE), Auto (Scene Intelligent Auto), Flash Off, CA (Creative Auto), Portrait, Landscape, Close-up, Sports, Night Portrait, dan Mode Video. Buat sobat yang masih pemula, saya sarankan untuk menggunakan Mode Auto, Flash off, Landscape terlebih dahulu.

6. Tombol On/Off adalah tombol untuk menghidupkan dan mematikan kamera.

7. Tempat Memasang Flash Eksternal/Remot Flash adalah untuk memasang Flash yang bukan dari berasal dari kamera. Tetapi dari Flash yang Sobat beli sendiri atau remote flash.

8. Tempat Gantungan adalah tempat untuk memasang tali kamera.

depan Bagian dan Fungsi Kamera Di Semua Canon DSLR - kaharsan

9. Tombol Lifeview adalah adalah tombol untuk mengalihkan atau mengganti sudut pandangan Sobat dari Viewfinder ke Layar LCD (Lifeview). (Baca no 16 tentang Viewfinder). Biasanya tombol ini juga di gunakan untuk perekaman Video.

10. Tombol Zoom adalah tombol untuk mendekatkan dan menjauhkan hasil jepretan Sobat setelah sobat lihat menggunakan tombol Preview (Baca no 14 tentang Tombol Preview). Tombol Zoom yang bagian kanan biasanya juga saya gunakan untuk mengganti arah Fokus.

11. Tombol Av adalah tombol tercepat untuk mengatur bukaan diafragma atau Aperture. Tombol ini biasanya saja padukan dengan Tombol Main-Dial (Baca no 2 tentang Main-Dial). Cara menggunakannya mudah, cukup tekan dan tahan Tombol Av, lalu putar searah jarum jam Tombol Main-Dial untuk hasil gambar yang lebih gelap, dan sebaliknya. Biasanya saya menggelapkan gambar pada saat siang hari yang terlalu terik.

12. Tombol Fn/Q adalah tombol untuk mengalihkan ke fungsi Tombol Navigasi (Baca no 13 tentang Tombol Navigasi) jika Sobat tidak ingin menggunakan fungsi Shortcut. Biasanya saya gunakan Tombol Fn/Q untuk menghemat penggunaan Tombol Main-Dial (Baca no 2 tentang Tombol Main-Dial). Semakin sering kita memutar roll Tombol Main-Dial, semakin berpotensi juga Tombol itu cepat rusak. hehe. (tergantung pengguna masing-masing sih)

13. Tombol Navigasi adalah tombol untuk menggeser pilihan pada menu kamera. Tombol Navigasi ada yang berbentuk scroll, analog, dan tombol 4 arah seperti punya saya ini. Pada Canon tertentu juga berfungsi untuk Shortcut. Pada Canon 600D ini fungsi dari Tombol Navigasi bisa untuk mengatur Jenis Fokus (arah kanan), Drive mode (arah kiri), White balance (arah atas), dan Ficture Style (arah bawah).

14. Tombol Preview adalah tombol untuk menampilkan hasil jepretan Sobat.

15. Tombol Detele adalah tombol untuk menghapus gambar.

16. Viewfinder adalah jendela bidik Sobat, disini Sobat melihat pengaturan Fokus gambar yang akan Sobat ambil, ISO, Shutter Speed, dan Aperture. Jika Sobat tidak ingin menggunakan Viewfinder, Sobat bisa gunakan Layar LCD untuk menampilkan sasaran untuk di jepret menggunakan Tombol Lifeview (Baca no 9 tentang Tombol Lifeview)

17. Layar LCD adalah tampilan keseluruhan dari setingan kamera Sobat, pada layar utama biasanya akan menampilkan Mode yang sobat pilih. Pada Mode Manual biasanya akan menampilkan angka Shutter Speed, Aperture, ISO, Kualitas Gambar, Metering mode, Drive mode, AF mode, Setingan Flash, Auto Lighting Optimizer, White balance, Ficture Style, Flash exposure comp, dan Exposure comp/AEB setting.

18. Tombol Menu & Info adalah tombol untuk mengatur kamera Sobat dan menampilkan informasi. Tombol Menu untuk pengaturan, sedangkan Tombol Info untuk menampilkan informasi data dan informasi gambar yang telah Sobat ambil seperti angka Shutter Speed, Aperture, ISO, Nomor uturan gambar, Ukuran file, Tanggal gambar, Mode yang Sobat pakai, dan lainnya.

samping Bagian dan Fungsi Kamera Di Semua Canon DSLR - kaharsan

19. Flash adalah lumpu kilat atau blitz yang gunanya untuk menerangi objek gambar saat melakukan pemotretan di minim cahaya.

20. Roll Fokus berfungsi untuk menatur tingkat Fokus dari objek yang ingin di ambil. Roll Fokus ini hanya bisa di gunakan pada Mode Manual Fokus saat menekan Tombol Fokus (Baca no 22 tentang Tombol Fokus)

21. Lensa ini saya rasa tidak perlu di jelaskan lagi. Sobat pasti sudah tau fungsinya.

22. Tombol Fokus ini berfungsi untuk mengaktifkan Mode Auto Fokus atau Manual Fokus. Pada Auto Fokus, sobat tidak perlu mengatur apa pun, karena sudah sepenuhnya di atur oleh kamera. Sedangkan pada Manual Fokus, Sobat bebas memilih tingkat Fokus dari objek yang ingin Sobat ambil dengan memutar Roll Fokus.

23. Tombol Stabilizer ini berfungsi untuk meredam getaran saat sobat melakukan pengambilan gambar. Tetapi ada beberapa Lensa kamera yang tidak memiliki fitur Stabilizer.

24. Tombol Flash berfungsi untuk mengeluarkan Flash.

25. Tombol Pembuka Lensa berfungsi untuk mengeluarkan/mengganti Lensa kamera. Caranya cukup mudah yaitu dengan menekan Tombol Pembuka Lensa lalu memutar Lensa kamera searah jarum jam.

26. Remote Shutter & Mic. Remote Shutter berfungsi untuk mencolokkan kabel Remoter Shuter. Sedangkan Mic berfungsi untuk mencolokkan kabel Mic Eksternal.

27. A/V Digital Out & HDMI. Sobat pasti sudah tau fungsinya. A/V Digital Out berfungsi untuk memindahkan file foto dan kebutuhan lainya. Sedangkan kalau saya gunakan HDMI untuk menampilkan ke proyektor.

bawah Bagian dan Fungsi Kamera Di Semua Canon DSLR - kaharsan

28. Tempat Tripod ini berfungsi untuk mememasang Tripod. Buat Sobat yang belum tau Tripod. Tripod adalah alat penyangga kamera.

29. Tempat Baterai. Ini tidak perlu di jelaskan. Sobat pasti sudah tau.

30Tempat Memory Card. Yang ini juga tidak perlu di jelaskan. hehe

Nah, itulah penjelasan tentang Bagian dan Fungsi pada Kamera EOS. Semoga bisa membantu Sobat dalam mengenal Kamera dan belajar mengoperasikannya.

Jika Sobat masih bingung, Sobat boleh bertanya di kolom komentar.

Kalau mau kepoin admin, nah kontaknya:
Instagram Dakwah: @kaharsan
Instagram Wisata: @kaharsanblog
Facebook: kaharsan
Twitter: @kaharsan_km
Youtube: kaharsan km

Memikirkan sesuatu dengan serius dan sangat menikmati kesendirian. Yuk berteman di sosial mediaku.