Tuesday, July 18, 2017

Inilah Galaksi Bima Sakti Di Wisata Bukit Jamur Bengkayang Saat Bulan Ramadhan

Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan

Bagi masyarakat KALBAR, pemandangan indah di langit saat malam jarang sekali di temukan. Tetapi pada saat kami berkunjung ke salah satu Wisata yang ada di Kabupaten Bengkayang yaitu Bukit Jamur, kami memelihat kejadian yang begitu luar biasa. Indah sekali, belum pernah kami lihat sebelumnya. Kami melihat bintang-bintang yang begitu banyak, kejadian itu tidak saya biarkan begitu saja, saya langsung mengambil kamera dan mengabadikan momen tersebut.

Cek juga wisata yang ada di Bengkayang
Riam Pangar
Riam Berawat'n

Selelah mencari di Google tentang apa itu? ternyata itulah yang di sebut Galaksi Bima Sakti atau biasa orang barat biasa menyebutnya dengan sebutan Milky Way.

Apa itu Galaksi Bima Sakti? Menurut Wikipedia "Pusat galaksi di arah rasi Sagitarius. Bintang-bintang utama dalam rasi Sagitarius ditandai dengan titik merah. Tampak bahwa terdapat penampakan seperti bayangan hitam di tengah yang dikelilingi oleh semacam "aura" cemerlang. Bima Sakti (dalam bahasa Inggris Milky Way, yang berasal dari bahasa Latin Via Lactea, diambil lagi dari bahasa Yunani Γαλαξίας Galaxias yang berarti "susu") adalah galaksi spiral yang besar termasuk dalam tipe Hubble SBbc dengan total masa sekitar 10 pangkat 12 massa matahari, yang memiliki 200-400 miliar bintang dengan diameter 100.000 tahun cahaya dan ketebalan 1000 tahun cahaya. Jarak antara matahari dan pusat galaksi diperkirakan 27.700 tahun cahaya. Di dalam galaksi bimasakti terdapat sistem Tata Surya, yang di dalamnya terdapat planet Bumi tempat kita tinggal. Diduga di pusat galaksi bersemayam lubang hitam supermasif (black hole). Sagitarius A dianggap sebagai lokasi lubang hitam supermasif ini. Tata surya kita memerlukan waktu 225–250 juta tahun untuk menyelesaikan satu orbit, jadi telah 20–25 kali mengitari pusat galaksi dari sejak saat terbentuknya. Kecepatan orbit tata surya adalah 217 km/d."

Paham? Kalau tidak paham berarti sama dengan saya. Saya juga tidak paham.

Penampakan Galaksi Bima Sakti tersebut kami dapat pada Bulan Ramadan 1438 H pada tahun 2017. Tepatnya pada Hari Sabtu, Hari ke 8 Ramadhan, tanggal 3 Juni 2017, pada jam 04.37 WIB.

Kalau kepo dengan cerita kami, dan agenda-agenda kami di Puncak Bukit Jamur Bengkayang, silahkan lihat di bawah ini.

Pertemuan, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Pertama-tama kami berkumpul di Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura, karena menurut kami di sini tempat strategis untuk berkumpul dan berangkat bersama.

Sholat Jum'at, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Perjalanan kami harus berhenti mengingat sudah waktunya Sholat Jum'at. Oya, di sini anggota kami bertambah, karena teman kami sudah menunggu di jalan saat keberangkatan kami. Baiklah, saya akan memperkenalkan nama-nama tim saya yang ke Bukit Jamur Bengkayang. Dari kiri ke kanan:
1. Winda
2. Kaharsan
3. Fahmi
4. Nurdin
5. Agustian
6. Umi Kalsum

Depan Bukit, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Karena sama sekali belum pernah ke Bukit Jamur, jadi kami memutuskan untuk foto bersama di depan Bukit Jamur.

Masuk Bukit, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Buat kamu yang belum pernah ke Bukit Jamur, ini gerbang untuk masuk ke Bukit Jamur

Parkir Bukit, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Ini foto kami di tempat parkir motor. Ada kejadian memilukan di sini, yaitu teman kami bernama Nurdin harus menanggung beratnya tas yang isinya adalah makanan semua, padahal tas tersebut harusnya saya yang membawakan, karena saya PJ tukang foto jadi saya memilih untuk mengganti tas yang agak ringan supaya mudah mengambil gambar.

Hampir Bukit, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Ini adalah foto ketika hampir sampai ke Puncak Bukit Jamur.

Puncak Bukit, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Nah inilah Puncak Bukit Jamur. Saya lupa siapa yang mengambil gambar ini Nurdin atau Agustian. Yang jelas tempat ini keren sekali menurut kami, karena memang belum pernah melihat keindahan alam dari ketinggian. Untuk sampai ke Puncak ini waktunya yang kami perlukan adalah 1 jam 56 menit karena sedang berpuasa.

Mencari Kiblat, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Foto ini di ambil oleh teman saya Winda ketika saya mencari Arah Kiblat menggunakan Kompas ketika kami ingin mengerjakan Sholat Ashar berjamaah.

Sholat Ashar, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Ingat, aktivitas traveling tidak akan mengganggu kamu dalam beribadah. Jika kamu pencinta alam, cintailah juga sang pencipta alam.

Bukber Bukit, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Nah hal yang paling dinantikan saat berpuasa adalah ketika menunggu waktu berbuka. Kami hanya anak muda biasa yang mencari suasana berbeda menikmati bulan Ramadhan. Ada yang bilang capek jalan-jalan sambil puasa, tidak bisa sholat kalau lagi traveling. Tapi kami membuktikan kalau puasa tidak akan menghalangi aktivitas dalam beribadah.

Makan Bukit, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Setelah Sholat Maghrib kami memutuskan untuk makan bersama. Makanan ini kami beli pada saat sedang berada di Kota Bengkayang. Makanan yang kami beli hanya Nasi, karena kami sudah menyiapkan makanan berupa Ikan tuna kaleng, Ikan teri sambal, dan sebagainya.

Ngopi Bukit, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Setelah Sholat Isya dan Tarawih, agenda yang kami lakukan adalah minum kopi bersama.

Sosis Bukit, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Lalu makan sosis bersama.

Kue Bukit, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Setelah itu ngemil kue yang telah kami siapkan. Lalu tidur.

Bakar Bukit, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Sekitar jam 2 Subuh, kami bangun lalu menyiapkan makanan untuk Sahur.

Makanan Bukit, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Ada hal yang mengejutkan ketika kami melihat Nasi yang malamnya kami masak. Ternyata gosong. Kejadiannya adalah ketika kami hendak tidur, kami masak Nasi, kemudian kami biarkan Nasi tersebut di bara api. Ternyata bara api yang telah kami padamkan menjadi api yang besar saat terkena angin.

Sahur Bukit, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Nah ini saat kami Sahur bersama. Lalu di lanjutkan dengan Sholat Subuh bersama.

Melihat Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Subhanallah. Indah sekali pemandangan di Subuh hari waktu itu. Kami belum sadar kalau pemandangan indah itu merupakan Galaksi Bima Sakti.

Pagi Bukit, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Kami berharap melihat awan ketika pagi hari, ternyata cuaca berkehandak lain. Kami hanya melihat Galaksi Bima Sakti pada Subuh hari yang jarang di jumpai orang.

Bersantai Bukit, Galaksi Bima Sakti Wisata Bukit Jamur Bengkayang - kaharsan
Dengan syukur yang tiada tara kami pulang, lalu melanjutkan perjalanan ke Riam Pangar yang tidak jauh dari Kabupaten Bengkayang.

Nah itulah Galaksi Bima Sakti yang kami temukan di Wisata Bukit Jamur Bengkayang pada bulan Ramadhan 1438 H.

Kalau mau kepoin admin, nah kontaknya:
Instagram Dakwah: @kaharsan
Instagram Wisata: @kaharsanblog
Facebook: kaharsan
Twitter: @kaharsan_km
Youtube: kaharsan km

Memikirkan sesuatu dengan serius dan sangat menikmati kesendirian. Yuk berteman di sosial mediaku.