Saturday, July 29, 2017

Riam Berawat'n Tempat Wisata Di Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang

Riam Berawat'n Tempat Wisata Di Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang - kaharsan

Halo Sobat yang yang suka jalan-jalan. Kali ini Kaharsan.com akan membahas sebuah wisata yang saya dan rekan-rekan saya kunjungi pada hari Minggu, tanggal 4 Juni 2017, sekitaran 09.13 WIB.

Cek juga wisata yang ada di sekitaran Bengkayang:
Riam Pangar
Bukit Jamur

Wisata ini bernama Riam Berawat'n, tetapi Wisata ini lebih akrab di panggil Riam Berawan. Bukan tanpa sebab memanggilnya Berawan. Karena menurut masyarakat yang dekat dengan letak Wisata ini, katanya lebih mudah mengucapkan Berawan dari pada Berawat'n.

Dalam bahasa Bekati, Berawat'n artinya Emas. Sejarah singkat dari Wisata ini menurut informasi yang saya dapat adalah konon dahulu kala ada seekor Ular Raksasa yang sedang bertempur dengan seorang Panglima Perang dari masyarakat setempat, karena panglima perang tersebut mempunyai kesaktian yang luar biasa akhirnya Ular Raksasa tersebut bisa dikalahkan dan mati terpotong-potong. Tetapi anehnya, potongan tersebut menjelma menjadi sebuah Riam yang sangat besar dan sangat tinggi. Namun terdapat lagi kejadian yang sangat unik yaitu adanya penampakan seekor Rusa dari tengah Riam tersebut yang memancarkan sinar keemas-emasan, sehingga sampai sekarang Riam ini dikenal dengan nama riam Berawat'n atau Riam Emas.

Lokasi dari Riam Berawan ini berada di Dusun Melayang, Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia.

Riam ini memiliki ketinggian 75 Meter, tetapi menurut info yang saya dapat dari masyarakat yang tinggal di daerah sekitaran Bengkayang, Riam ini memiliki ketinggian 98 Meter.

Pada saat kami mau ke sini. Hal yang ada di pikiran kami saat mendengar Wisata Riam Berawan adalah Riam yang berada di atas Awan. Tetapi setelah kami sampai ke Wisata ini memang benar adanya, Karena dari ketinggian tempatnya, kita bisa melihat awan.

Untuk bisa sampai ke Dusun Melayang, Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia ini waktu yang ditempuh apabila menggunakan kendaraan roda dua sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Bengkayang. Sedangkan untuk bisa mencapai lokasi Wisata ini waktu yang ditempuh dari Dusun Melayang, Desa Sahan adalah sekitar 30 Menit perjalanan menggunakan kendaraan roda dua dan kendaraan roda dua harus di parkir di dekat lokasi Wisata. Setelah itu perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 30 Menit untuk menuju Riam Berawan.

Waktu kami ke sini, kami kebingungan dengan banyaknya jalan yang bercabang-cabang saat menggunakan kendaraan roda dua. Untungnya ada masyarakat setempat yang menunjukkan arah lokasi Wisata ini kepada kami.

Buat Sobat yang mau ke Wisata ini, saya sarankan untuk tidak malu bertanya kepada masyarakat setempat kalau tidak tau jalan. Pada saat kami ke sini. Jalannya licin karena diguyur hujan sebelumnya.

Ada beberapa peraturan yang harus Sobat patuhi ketika kesini. Berikut peraturan dari pengelola Wisata ini:
"Selama berada di dalam kawasan wisata riam berawat’n pengunjung wajib mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pengelola sebagai berikut”
1. Pengunjung wajib lapor kepada petugas dan mengisi buku tamu
2. Pengunjung yang akan bermalam/kemah wajib lapor kepada ketua RT setempat atau kepada petugas.
3. Pengunjung yang bermalam atau kemah tidak diperkenankan untuk parkir disini, kecuali diperkampungan atau dirumah warga.
4. Khusus untuk pengunjung perempuan /wanita yang sedang haid (DB) dilarang melakukan hal-hal sebagai berikut:
- Dilarang mandi di bawah Riam kecuali di tempat lain.
- Dilarang mencuci pembalut di bawah riam dan area sekitarnya.
- Dilarang buang pembalut di area Riam.
5. Pengunjung dilarang merusak lingkungan/kawasan riam karena masuk dalam cagar alam.
6. Keberadaan pengunjung yang tidak terdaftar di buku tamu di luar tanggung jawab kami.
7. Dengan alasan apapun pengunjung dilarang membawa:
- Minuman keras (miras), senjata / benda tajam yang dapat membahayakan keselamatan orang lain.
- Obat-obatan yang dilarang (Narkoba) dan sejenisnya.
8. Pengunjung yang masuk wajib langsung bayar parkir, jika tidak, ban kendaraan anda akan di kempes oleh petugas kami.
9. Waktu berkunjung hanya berlaku dari pukul 07:00 WIB – 16:30 WIB.
“Atas perhatian dan kerja sama pengunjung, kami ucapkan terima kasih.
Catatan: Petugas atau pihak pengelola tidak akan bertanggung jawab dan tidak akan memberikan ganti rugi dalam bentuk apapun, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila terjadi karena kelalaian, melanggar perarturan/ketertiban yang telah ditetapkan oleh pengelola, serta ada unsur kesengajaan."

peringatan Riam Berawat'n Tempat Wisata Di Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang - kaharsan
Saat setengah perjalanan, kami mendapati peringatan sebagai berikut:
- Hati-hati jalan licin dan berbatu
- Jaga keselamatan
- Jaga sopan santun anda
- Dilarang buang sampah

terjal Riam Berawat'n Tempat Wisata Di Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang - kaharsan
Nah, inilah foto saat saya dan rekan-rekan saya di perlananan menuju Riam Berawan yang diambil oleh rekan saya Fahmi. Kemiringan tempatnya begitu keren. Sobat akan di buat berpegangan terus kepada pohon dan akar.

terjal gantian Riam Berawat'n Tempat Wisata Di Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang - kaharsan
Dan ini ketika giliran mengambil gambar. Alasan kami gantian mengambil gambar adalah karena kemeringan tempat ini yang tidak memungkinkan untuk memasang Tripod Kamera. Tangan rekan saya memegang pohon dikarenakan jalan yang licin dan sangat miring.

kejauhan Riam Berawat'n Tempat Wisata Di Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang - kaharsan
Ini penampakan Riam Berawan dari kejauhan dengan Zoom Kamera 135mm.

tim Riam Berawat'n Tempat Wisata Di Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang - kaharsan
Dan ini rekan-rekan saya yang ke Riam Berawan. Foto ini diambil dari kejauhan. Dari kanan ke kiri:
1. Kaharsan
2. Fahmi
3. Winda
4. Agustian
5. Umi
6. Nurdin

dekat Berawat'n Tempat Wisata Di Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang - kaharsan
Sedangkan ini dari dekatnya. Didalam gambar adalah rekan saya Fahmi yang sedang duduk menikmati indahnya Riam ini. Sedangkan saya bersusah payah mengambil gambar dengan licinnya bebatuan disini. Oya, disini Kamera DSLR tidak bisa digunakan, karena percikan air dari Riam ini. Sedangkan Action Cam sangat berguna sekali disini. Malangnya kami tidak punya Action Cam dan yang terjadi adalah menggunakan kantong plastik bening yang di isi dengan Kamera Pocket.

tidur Berawat'n Tempat Wisata Di Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang - kaharsan
Saat kami pulang, saya berbaring di meja dekat tempat parkir motor, dan TERTIDUR. Bukan tanpa sebab saya tertidur, karena memang kami semua dalam keadaan sedang berpuasa dan keletihan. Ini gambar yang saya tidak tau siapa yang mengambil. Celana Jeans yang saya gunakan saya tarik sampai ke paha karena saat pulang dari Riam Berawan saya merasa berat menggunakannya. Saat sudah sampai di kota Bengkayang dan melakukan Sholat Dzuhur saya baru ingat kalau saya lupa membawa Celana Eiger panjang bewarna hitam di Batu dekat Riam Berawan. (Ah sudahlah).

rusak Berawat'n Tempat Wisata Di Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang - kaharsan
Setelah di perjalanan pulang, tiba-tiba Motor teman saya mengalami kerusakan yang sangat fatal yang membuat kami harus bermalam di salah satu Rumah rekan saya yang bernama Fahmi.

Berikut ini akan saya berikan saran buat Sobat yang ingin ngetrip biar nikmat.
1. Jangan lupa Sholat
2. Jangan lupa dengan barang bawaan Sobat
3. Periksa motor sebelum berangkat.
4. Jangan tinggalkan SAMPAH.

Oke, cukup sekian pembahasan tentang Wisata Riam Berawat'n yang berada di Dusun Melayang, Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia. Semoga bermanfaat.

Kalau mau kepoin admin, nah kontaknya:
Instagram Dakwah: @kaharsan
Instagram Wisata: @kaharsanblog
Facebook: kaharsan
Twitter: @kaharsan_km
Youtube: kaharsan km

Memikirkan sesuatu dengan serius dan sangat menikmati kesendirian. Yuk berteman di sosial mediaku.


Pakai Ini VrohPakai Ini Vroh