Sunday, October 22, 2017

Temu Blogger Kesehatan: Cara Menjaga Kesehatan Mata

Temu Blogger Kesehatan Pontianak Cara Menjaga Kesehatan Mata

Pada hari Rabu, tanggal 11 Oktober 2017, Kementerian Kesehatan RI melakukan Workshop Temu Blogger Kesehatan, yang bertemakan "Mata Sehat Investasi Bangsa" di Hotel Harris Pontianak.

Agenda ini bertepatan dengan satu hari sebelum Hari Penglihatan Sedunia. Hari Penglihatan Sedunia diperingati sejak tahun 1999, setiap tahun pada hari Kamis minggu kedua bulan Oktober. Hari Penglihatan Sedunia tahun 2017 diperingati dengan tema-internasional Make Vision Count dan tema nasional Mata Sehat, Investasi Bangsa.

Pada agenda tersebut, dihadiri sebanyak 25 Blogger yang tergabung di Komunitas Blogger Pontianak. Berikut nama, twitter, dan blog dari Blogger Pontianak:
  1. Kaharsan KM/@Kaharsan_KM/www.kaharsan.com 
  2. Mardhiyah Harahap/@DyahWG7/www.darepontianak.com
  3. Rohani Syawaliah/@honeylizious/www.honeylizious.com
  4. Eko Dony Prayudi/@dodon_jerry/www.donyprayudi.web.id
  5. Ero Pradolly Prasitha/@ero_spitzner/www.omgoegel.com
  6. Teguh Hariyadi/@blogsteguh/www.blogsteguh.web.id
  7. Radit Mananta/@raditmananta/ www.misterpangalayo.com
  8. Priyo Setioko/@Tyohawk/Setioko.web.id
  9. Ega Tiara/@aigatiara/travelmate.web.id
  10. M. Arief / @_eputra / softerner.com
  11. Maya Atika /@sangmaya / sangmaya.com
  12. Oka Nurlaila/ @beebalqisblog / beebalqis.com
  13. liansyah/liansyah.website/@liansya12109314(liansyah)
  14. M. Teguh Budianto/@mtbudianto/deguh.com
  15. Agus Wibowo / @keritingaku / www.awidiot.com
  16. Lely Anggraini / @lelyanggraini09 / www.anggrainilely.com
  17. Bahrul/@bahruladitya/softrickinfo.com
  18. Anggita Diah HR/@anggitarafa/www.andihara.blogspot.co.id
  19. Multi Juniarti/@multisiahaan /www.inimulti.com
  20. Siti Mustiani / @sitimustiani / www.sitimustiani.com
  21. Asmirno /@asmirno20/ www.jualanrumah123.com
  22. Zani / @inizani / asmirizani.com
  23. Qumay / @qumay_ni /rentalmobilpontianak.my.id
  24. Nings / @SepniarNingsih / ningsspara.blogspot.co.id
  25. Armin Martajasa/@martajasa/ arminmartajasa.blogspot.com
Pada agenda pertama di isi dengan materi "Menulis Benar Tapi Tak Hambar" oleh Bapak Anwari Natari yang merupakan penulis dan editor handal yang sudah banyak berkecimpung di media koran dan majalah terkenal di Indonesia.

Dalam materi tersebut, Bapak Anwari Natari menjelaskan cara menulis yang baik agar tidak membingungkan pembaca. Bapak Anwari Natawi juga mengatakan "Menulis adalah pekerjaan melayani pembaca".

Satu hal yang sangat membanggakan pada acara ini, yaitu kami kedatangan Ibu Prof. Dr. Nila Juwita F. Moeloek, Sp. M. yang merupakan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Beliau beserta rombongan dari berbagai Negara tersebut menyampaikan Visi dan Misi dari Kementerian Kesehatan RI dan juga program baru dari Kementerian Kesehatan RI yaitu GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

Kementerian Kesehatan RI telah merumuskan Peta Jalan (roadmap) Penanggulangan Gangguan Penglihatan 2018-2030 dalam mencapai target di tahun 2030 setiap orang di Indonesia mempunyai penglihatan optimal dan dapat sepenuhnya mengembangkan potensi dirinya.

Menteri Kesehatan RI Ibu Prof. Dr. Nila Juwita F. Moeloek, Sp. M. mengajak seluruh masyarakat bersama pemerintah berpartisipasi dan mendukung peringatan Hari Penglihatan Sedunia 2017.

Ibu Prof. Dr. Nila Juwita F. Moeloek, Sp. M. juga mengajak para Blogger untuk menyebarkan informasi kesehatan yang dapat berdampak baik untuk masyarakat.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi kepada seluruh masyarkat di dunia agar memberikan perhatian dan mendukung penanggulangan masalah gangguan penglihatan dan kebutaan demi terwujudnya Visi 2020, yakni hak setiap orang untuk dapat melihat.

Ibu Prof. Dr. Nila Juwita F. Moeloek, Sp. M. berpesan kepada masyarakat jangan abaikan gangguan penglihatan atau gangguan kesehatan mata sekecil apa pun masalahnya. Selain itu, periksakan mata apabila dirasakan ada gangguan penglihatan atau gangguan kesehatan mata ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Pada agenda kedua setelah istirahat, shalat, dan makan adalah penyampaian materi oleh:
  • drg. Oscar Pribadi, MPH selaku Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan
  • drg. Harry Agung Tjahyadi, M.Kes selaku Ketua PDGI Cabang Pontianak
  • dr. Aldiana Halim, SpM selaku Perwakilan Jajaran Direksi Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung
Berikut kesimpulan dari ketiga pemateri tersebut:




Gerakan Masyarakat Hidup Sehat
Kematian Akibat Penyakit Tidak Menular Semakin Meningkat
Dalam 4 (empat) tahun terakhir terjadi pergeseran pola penyakit. Jika dulu penyakit menular merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan kesehatan, saat ini bergeser, penyakit tidak menular yang memiliki proporsi utama (57% dari total kasus), hal ini merupakan fenomena yang terjadi pada Negara berkembang seperti Indonesia. Hal ini terjadi akibat perubahan pola hidup masyarakat, pola hidup yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik dan kebiasaan makan yang tidak baik merupakan penyebab hal tersebut.

Pola gaya Hidup Tidak Sehat dapat menimbulkan berbagai penyakit tidak menular seperti Obesitas, Gangguan Pencernaan, Kanker Paru, Stroke, Jantung, Kerusakan Organ Dalam Tubuh bahkan hingga Kematian.

Penyakit Tidak Menular Perlu Dicegah
Upaya pencegahan dapat dilakukan melalui GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). GERMAS yaitu suuatu tindakan yang sistematis dan terencana, yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan  berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Tujuan GERMAS adalah agar masyarakat berperilaku sehat sehingga berdampak pada: kesehatan yang terjaga, produktif, lingkungan bersih, dan biaya untuk berobat berkurang.

Kegiatan GERMAS dilakukan dengan cara, antara lain:
  • Melakukan aktivitas fisik
  • Mengonsumsi sayur dan buah
  • Tidak merokok
  • Tidak mengonsumsi alkohol
  • Memeriksa kesehatan secara rutin 
  • Membersihkan lingkungan
  • Menggunakan jamban/WC

Siapa saja yang melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat?
Seluruh lapisan masyarakat harus terlibat dalam Germas Hidup Sehat. Individu, keluarga dan masyarakat mempraktekkan pola hidup sehat sehari-hari. Akademisi (universitas), dunia usaha (Swasta), organisasi masyarakat (Karang Taruna, PKK, dsb), organisasi profesi menggerakkan institusi dan organisasi masing-masing agar anggotanya berperilaku sehat.

Melakukan aktivitas fisik.
Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang melibatkan otot rangka dan mengakibatkan pengeluaran energi.

Aktivitas fisik dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Lakukanlah paling sedikit 30 menit setiap hari. Batasilah kegiatan banyak duduk seperti: menonton TV, main game dan komputer apalagi ditambah dengan makan makanan kudapan yang manis, asin dan berminyak.

Aktivitas fisik dapat dilakukan di Sekolah. Melakukan peregangan pada pergantian jam pelajaran, bermain saat istirahat, memperbanyak kegiatan berjalan .

Di rumah dapat melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, mencuci, berkebun, menemani anak bermain.

Di tempat kerja dapat melakukan peregangan di sela-sela jam kerja dan memperbanyak kegiatan berjalan.

Di dalam perjalanan dapat menggunakan tangga, berhenti 1-2 halte sebelum halte yang dituju, memarkir kendaraan agak jauh, berhenti untuk peregangan dalam perjalanan jarak jauh atau macet, melakukan peregangan di dalam mobil atau bis

Di tempat umum dapat memanfaatkan taman kota untuk aktivitas fisik, memperbanyak kegiatan di ruang terbuka, menggunakan sepeda ke tempat kerja.

Mengonsumsi Sayur dan Buah
Sajikanlah sayur dan buah dalam menu sehari-hari baik untuk di rumah, di sekolah, di tempat kerja, untuk semua anggota keluarga : bayi, balita, anak sekolah, dewasa, pekerja, ibu hamil, usia lanjut. Manfaatkan buah dan sayur lokal yang tersedia di pasar setempat. Batasi makanan yang mengandung gula, garam dan minyak, serta perbanyak air putih. Cucilah tangan sebelum makan. 

Memeriksa kesehatan secara rutin.
Agar kesehatan kita terjaga, periksalah secara rutin yaitu : cek tekanan darah, cek kadar gula darah, cek kolesterol darah, tes darah lengkap di laboratorium, ukur lingkar perut dan untuk khusus perempuan, lakukan tes IVA (Inpeksi Visual Asam cuka) untuk deteksi dini kanker leher rahim. Periksakanlan 6 bulan sekali.Pemeriksaan ini dapat dilakukan di Puskesmas dan pelayanan kesehatan lainnya, serta Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) terdekat.

Menjaga Mata Dengan Pola Hidup Sehat
Mata adalah jendela untuk melihat indahnya dunia yang luas. Apabila mata bermasalah, kita pun tidak dapat melihat indahnya dunia yang luas, dan tidak dapat melihat orang-orang yang kita cintai. Untuk itu, kita dapat menjaga mata agar tetap sehat dengan pola hidup yang sehat.

Berikut ini adalah cara untuk menjaga mata agar tetap sehat dengan pola hidup yang sehat:
  1. Makanan Yang Sehat
    Makanan yang sehat merupakan cara awal untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat. Tidak terkecuali termasuk mata kita sendiri, karena juga membutuhkan makanan yang sehat. Makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, beta karoten sangat penting untuk kesehatan mata kita. Cara menjaganya cukup mudah. Kita hanya perlu mencukupi kebutuhan nutrisi mata kita dengan mengkonsumsi sayuran hijau, minyak ikan, telur, kacang, buah-buahan citrus dan wortel.
  2. Bekerja Dengan Cahaya Yang Cukup
    Cahaya sangat berperanan penting dalam menentukan kesehatan mata. Jika kita bekerja dengan penerangan yang kurang dan dalam waktu yang lama, maka penglihatan pasti akan rusak. Cara menjaga mata agar tetap sehat sangat mudah. Pastikan penerangan diatas kepala tidak terlalu terang ataupun terlalu gelap, sehingga tidak membuat mata menjadi lelah saat bekerja dalam jangka waktu yang lama. Dan tidak kalah penting adalah tambahkan tingkat ketajaman cahaya komputer sampai mata terasa lebih nyaman.
  3. Pakai Kaca Mata
    Jika pekerjaan yang melibatkan hal-hal berbahaya yang dapat merusak mata, pastikan melindungi mata dengan kaca mata. Saat bekerja menggunakan komputer dalam waktu yang lama, gunakanlah kacamata anti radiasi atau kacamata yang diresepkan oleh dokter. Terekspose sinar UV dari matahari dalam waktu yang lama juga dapat merusak mata, sehingga gunakanlah kacamata hitam dengan lensa pelindung sinar UVA dan UVB saat sedang beraktifitas di luar ruangan dalam waktu yang lama.
  4. Kedipkan Mata
    Sering sekali terjadi saat kita fokus memandang objek yang sangat jauh atau sangat dekat, kita memperlambat waktu berkedip. Padahal gerakan dengan mengededipkan mata sebenarnya bertujuan untuk melembabkan mata, mencegah terjadinya kekeringan, pandangan kabur dan gangguan mata lainnya.
  5. Olahragakan Mata
    Ya olahraga memamng dimaksudkan untuk seluruh anggota tubuh. Jangan pernah lewatkan olahraga jika menginginkan tubuh yang sehat dan penglihatan yang sehat pula. Otot-otot mata juga harus dilatih untuk menghilangan ketegangannya. Bagaimana cara melakukannya? Caranya cukup mudah. Peganglah pensil tiga inchi jauhnya dari mata kemudian fokuskan pandangan pada ujung pensil tersebut. Dan tidak kalah penting adalah tidur yang cukup, seperti 8 jam sehari agar tubuh dan mata cukup untuk beristirahat.

Kalau mau kepoin admin, nah kontaknya:
Instagram Dakwah: @kaharsan
Instagram Wisata: @kaharsanblog
Facebook: kaharsan
Twitter: @kaharsan_km
Youtube: Kaharsan

Memikirkan sesuatu dengan serius dan sangat menikmati kesendirian. Yuk berteman di sosial mediaku.

This Is The Newest Post

1 komentar so far

terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/obat-herbal-asma-akut/


Pakai Ini VrohPakai Ini Vroh