Tuesday, March 6, 2018

Ayo Kita Sebarkan Berita Hoax


Dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat dan dengan fasilitas internet yang semakin baik membuat seseorang mudah mencari informasi dan kebutuhannya di dunia internet, tetapi hal itu bisa menjadi bumerang bagi mereka sendiri jika tidak memanfaatkannya dengan baik seperti penyebar berita hoax dan penyebar berita hoax.

Penyebaran informasi hoax di Indonesia seperti tidak pernah habisnya. Entah apa maksud dan tujuannya, yang jelas kebohongan apapun yang merugikan dan membuat resah jelas tidak dibenarkan. Tetapi anehnya, banyak dari masyarakat yang justru menelan berita bohong itu bulat-bulat tanpa mengeceknya terlebih dahulu.

Lalu apakah hoax itu?
Hoax adalah pemberitaan palsu yang mana informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Hoax merupakan sebuah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk menpercayai sesuatu, padahal sang pembuat berita palsu tahu bahwa berita tersebut palsu.

Berikut jenis-jenis hoax

Hoax proper
Hoax proper adalah berita bohong yang dibuat secara sengaja, yang pembuatnya tahu bahwa berita itu bohong dan bermaksud untuk menipu orang dengan berita yang dia buat.

Judul heboh tapi berbeda dengan isi berita
Kebiasanya buruk banyak netizen yang membaca headline (judul) berita tanpa membaca isinya lalu menyebarkannya. Sekarang banyak beredar artikel provokatif yang judul artikelnya tidak sesuai dengan isi beritanya.

Berita benar dalam konteks menyesatkan
Kadang-kadang berita benar yang sudah lama diterbitkan bisa beredar lagi di media sosial. Oleh karenanya ini membuat kesan bahwa berita tersebut baru terjadi dan bisa menyesatkan orang yang tidak mengecek kembali tanggalnya.

Hal yang terjadi setelah tersebarnya berita hoax
Membuat masyarakat menjadi curiga dan bahkan membenci kelompok tertentu
- Menyusahkan atau bahkan menyakiti secara fisik orang yang tidak bersalah

Mengapa berita hoax mudah tersebar?
Terbatasnya pengetahuan
- Kurangnya budaya membaca

Tujuan berita hoax
Menciptakan dan menebar permusuhan
- Mencari uang dari berita hoax yang dibuat
- Sekelompok orang yang ingin Indonesia tidak stabil, dia ingin paham-paham yang ada di Indonesia saling menyalahkan dan ujung-ujungnya adalah pertengkaran sesama anak bangsa

Keuntungan untuk si pembuat berita hoax
- Situs/Web/Blog sering dikunjungi pembaca
- Rating Web/Blog akan tinggi
- Alexa Rank cepat ramping
- Harga jual Web/Blog menjadi sangat tinggi
- Ada yang menghasilkan uang 400.000.000/tahun dari berita hoax yang dia buat
- Jadi, masih ingin menyebarkan berita hoax yang hanya menguntungkan si pembuat berita hoax

Macam-macam berita hoax
Berita palsu yang dibuat untuk hiburan atau sekedar "lucu-lucuan", bentuknya bisa berupa meme, pesan berantai atau infografis. Berita seperti itu dibuat sebagai candaan dan tidak perlu ada penindakan hukum.

- Berita palsu yang dibuat untuk meraup keuntungan dengan mengundang "clickbait". Informasi seperti ini dibuat dengan memelintir berita atau informasi sehingga seolah betul-betul terjadi. Informasi seprti itu harus dipilah lagi kerena bermuatan merugikan orang lain.

- Berita palsu atau hoax yang merupakan strategi politik untuk menjatuhkan lawan politik. Ini yang perlu penegakan hukun yang tegas.

Berikut contoh-contoh berita hoax
Ulang Kobra Berkepala Tujuh
- Anak TK Meninggal Saat Tidur Akibat Kekenyangan
- Motor Meledak Karena Handphone Di Dalam Jok
- Petugas Kebun Binatang Surabaya Menghamili Orang Utan
- Lintah Di Dalam Kangkung
- Sinar Kosmik yang Melewati Bumi Malam Hari
- Pokemon Go, Om Telolet Om dan Aku Yahudi
- Dan masih banyak lagi.

Contoh kalimat untuk berita hoax
"Sudah Banyak yang Tertipu" Kalimat ini bertujuan untuk meyakinkan penerimanya untuk segera mengirimkan hoax tersebut.

"Tadi juga ada beritanya di TV One Jam 14:19" Kalimat ini meminjam nama tenar media tertentu demi meyakinkan korbannya agar makin percaya.

- Menggunakan berita yang sedang booming lalu diubah agar terkesan luar biasa atau menarik untuk dibaca. Contoh: "Tsunami Telah Membuat Fossil Raksasa Muncul Disini"

"Sebarkan ke teman, jangan sampai putus di Kamu"

"Baca pesan ini dalam 5 menit akan di hapus otomatis"

Contoh foto untuk berita hoax

Pernah liat foto ular tersebut? Nah itu adalah hasil editan menggunakan aplikasi Photoshop

Menghadapi dan mengetahui berita hoax
- Judul berita dibuat bombastis
Bombastis maksudnya, judul berita dibuat aneh, semakin aneh semakin menarik. Terkadang memilih kata dan kalimat tidak biasa. Kadang memakai berita yang lagi viral dan diubah sedikit supaya lebih menarik. Contoh: "Awas Penculik Anak!! Pelakunya Perempuan Setengah Gila". Efek negatif setelah tersebarnya berita hoax ini adalah munculnya kecurigaan terhadap orang2 gilan dan seperti pengeroyokan orang2 gila, pembarakan dan masih banyak lagi efek negatifnya.

Jangan asal share
Selain biasanya provokatif atau bombastis, berita hoax kemungkinan tidak asal dibuat. Mungkin ada beragam kepentingan di baliknya, baik itu untuk menjatuhkan ataupun mendukung sosok tertentu. Maka dari itu, jangan asal share. Lakukan pengecekan terlebih dahulu. Salah satu cara yang paling gampang adalah melalukan pencarian di mesin pencari seperti Google, lalu cek apakah berita tersebut ditulis oleh situs berita lain, dan pastikan berita dari situs tersebut terpecaya.

Cek domain dan URL situs
Kemunculan situs abal-abal seolah tidak terbendung. Untuk itu, kita sebagai masyarakat pengguna internet juga harus jeli. Untuk mengetahui berita asli atau hoax. Cek apakah situs tersebut menggunakan URL yang benar. Pastikan pula apakah berita tersebut bersumber dari situs yang bermutu atau tidak.

Cek keaslian foto
Biasanya berita hoax menggunakan foto yang telah diedit untuk memprovokasi para pembaca. Jangan langsung percaya begitu saja, apalagi jika foto tidak masuk akal. Untuk mengecek keaslian foto tersebut, bisa menggunakan "Google Images" Pindahkan foto tersebut ke kolom pencarian "Google Images" lalu periksa hasulnya untuk mengetahui secara lebih jelas sumber dan caption asli dari foto tersebut.

Bergabung dengan teman-teman anti hoax
Bergabung di forum-forum anti hoax semisal di facebook gabung di grub Indonesian Hoaxes atau Forum Anti Fitnah dan Hasut.

Jadi paham sekarang tentang berita hoax?
Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Kepoin admin:
Instagram Dakwah: @kaharsan
Instagram Wisata: @kaharsanblog
Facebook: kaharsan
Youtube: Kaharsan

Memikirkan sesuatu dengan serius dan sangat menikmati kesendirian. Yuk berteman di sosial mediaku.


Pakai Ini VrohPakai Ini Vroh